Langsung ke konten utama

Unggulan

TUTORIAL PEMOGRAMAN ARDUINO UNO R3

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.  Saat ini Arduino sangat populer di seluruh dunia. Banyak pemula yang belajar mengenal robotika dan elektronika lewat Arduino karena mudah dipelajari. Tapi tidak hanya pemula, para hobbyist atau profesional pun ikut senang mengembangkan aplikasi elektronik menggunakan Arduino. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan assembler yang relatif sulit, tetapi bahasa C yang disederhanakan dengan bantuan pustaka-pustaka (libraries) Arduino.    Arduino Uno R3 adalah papan/board pengembangan mikrokontroler yang berbasis chip ATmega328P. Disebut sebagai papan pengembangan karena board ini memang berfungsi sebagai arena prototyping sirkuit mikrokontroller. Dengan menggunakan papan pengembangan, anda akan lebih mudah merangkai rangk

PENGENALAN GLUT

GLUT (OpenGL Utility Toolkit) dikembangkan oleh Mark Kilgard. GLUT merupakan pengembangan OpenGL dimana memiliki keunggulan sebagai berikut :
  • Mudah, portable window manager. menggunakan callback functions untuk menambahkan interaksi user
  • Didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga menengah
  • Distribusi library bebas tetapi tidak open source
GLUT menyediakan interface untuk menejemen window, menu, dan peralatan input (keyboard, dan mouse). GLUT juga menyediakan fungsi otomatis untuk menggambar objek primitif (garis, lingkaran, titik, persegi),objek 3 dimensi wire (kerangka) maupun yang solid, seperti cube (kubus), sphere (bola), dan teapot (poci teh), cone (kerucut), torus, dan lain-lain 

Dua tujuan GLUT ialah menciptakan fleksibitas code antar platform yang dapat dijalankan lebih dari satu sistem operasi (Windows, Linux, Mac OS X, FreeBSD, OpenBSD, NetBSD), dan untuk lebih mudah mempelajari OpenGL. Dengan menggunakan GLUT hanya memerlukan sedikit code dibandingkan dengan OpenGL, tanpa mengetahui spesifikasi sistem operasi, dikarenakan OpenGL adalah sebagai mesin.

GLUT pada dasarnya dibangun untuk menciptkan aplikasi grafis menggunakan pemograman yang bersifat prosedural. Di dalamnya terdapat fungsi main loop yang diatur oleh GLUT dan looping yang terjadi dalam aplikasi bertujuan untuk penanganan fungsi-fungsi callback sebagai input dari user seperti fungsi redraw, mouse, keyboard, joystick, dll.

GLUT tidak secara otomatis dapat diaplikasikan karena membutuhkan beberapa file tambahan antara lain glut.h, glut32.lib, glut32.dll yang harus disimpan pada lokasi tertentu sesuai dengan aplikasi pengembangan yaitu Visual Studio Express 2008

Ada 5 fungsi yang harus dipanggil untuk melakukan instalansi window yaitu:
  • glutInit(int argc,char**argv)
Fungsi ini menginisialisasi glut dan memproses argument command_line yg disertakan(jika ada). Fungsi ini harus di panggil pertama kali sebelum pemanggilan terhadap fungsi-fungsi yang lain.
  • glutInitDisplayMode(unsigned intmode)
Fungsi ini digunakan untuk menentukan apakah akan menggunakan model pewarnaan RGBA atau indek warna. Dengan fungsi ini juga bisa menentukan apakah akan menggunakan windows buffer single atau double.
  • GlutInitWindowPosisition(int.x,int.y)
Fungsi ini menentukan letak window dengan patokkannya ialah pada window kiri atas.
  • glutInitWindowSize(int width,int height)
fungsi ini menspesifikasikan ukuran window yang dibuat dalam pixel.
  • glutCreateWindow(char *string)
fungsi untuk membuat window dalam konteks openGL, dan akan menghasilkan identitas atau judul window tersebut.

Windowing Dengan GLUT (Display Callback)

glutDisplayFunc(void(*func)(void)) 

Fungsi ini memanggil fungsi lain yg menentukan konten dari windows yg telah di buat sebelumnya.
- glutPostRedisplay(void)

Untuk mengubah konten window

-glutMainLoop(void)

Fungsi untuk event perulangan, display pada callback akan terus ditampilkan selama aplikasi itu tidak ditutup

Latihan :

Source Code

#include <stdlib.h>

#include <glut.h>

void renderScene(void) {

     /* ... */

}

void main(int argc, char **argv) {

     glutInit(&argc, argv);

     /* ... */

     glutCreateWindow("Pemograman Grafis GLUT");

     glutDisplayFunc(renderScene);

     glutMainLoop();

}


Penjelasan :
Program diatas menggunakan header stdlib dan glut. Header Glut berfungsi agar fungsi glut dapat diterjemahkan dan program dapat berjalan dengan baik. Program diatas  menggunakan fungsi glutCreateWindow maksudnya adalah memberi judul pada windows dengan nama yang diisi pada parameter. glutInit merupakan fungsi yang mengizinkan sebuah aplikasi untuk mendapatkan argument command line(pada cmd) dan system inisialisasi. glutDispalyFunc berfungsi sebagai fungsi pemanggilan display. glutMainLoop berfungsi sebagai fungsi untuk melakukan perulangan event.





Komentar

Postingan Populer