Unggulan

TUTORIAL PEMOGRAMAN ARDUINO UNO R3

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. 

Saat ini Arduino sangat populer di seluruh dunia. Banyak pemula yang belajar mengenal robotika dan elektronika lewat Arduino karena mudah dipelajari. Tapi tidak hanya pemula, para hobbyist atau profesional pun ikut senang mengembangkan aplikasi elektronik menggunakan Arduino. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan assembler yang relatif sulit, tetapi bahasa C yang disederhanakan dengan bantuan pustaka-pustaka (libraries) Arduino.  



Arduino Uno R3 adalah papan/board pengembangan mikrokontroler yang berbasis chip ATmega328P. Disebut sebagai papan pengembangan karena board ini memang berfungsi sebagai arena prototyping sirkuit mikrokontroller. Dengan menggunakan papan pengembangan, anda akan lebih mudah merangkai rangkaian elektronika mikrokontroller dibanding jika kamu memulai merakit ATMega32 dari awal di breadboard. 

Di bawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan Arduino :

KELEBIHAN ARDUINO

  • Tidak perlu perangkat chip programmer karena di dalamnya sudah ada bootloader yang akan menangani upload program dari komputer.
  • Sudah memiliki sarana komunikasi USB, sehingga pengguna Laptop yang tidak memiliki port serial/RS323 bisa menggunakan nya.
  • Bahasa pemrograman relatif mudah karena software Arduino dilengkapi dengan kumpulan library yang cukup lengkap.
  • Memiliki modul siap pakai (shield) yang bisa ditancapkan pada board Arduino. Misalnya shield GPS, Ethernet, SD Card, dll.

KEKURANGAN ARDUINO

  • Kode hex relatif lebih besar.
  • Sering terjadi kesalahan fuse bit saat membuat bootloader.
  • Harus memodifikasi program lama, karena pada penggunaan pin harus “disiplin”.
  • Storage Flash berkurang, karena dipakai untuk bootloader

Bagi anda yang belum pernah sama sekali memprogram Arduino, sebaiknya pelajari dahulu dasar – dasar pemrograman Arduino, karena nanti akan sangat menunjang pemahaman dan pengembangan aplikasi IoT dengan modul Arduino R3. Jadi pemrograman Arduino sama juga untuk pemrograman R3. 

Tidak serumit bahasa pemrograman C untuk ATmega seperti Codevison-AVR (walaupun CodeVision AVR juga lebih mudah dibandingkan bahasa assembly), pemrograman Arduino menjadi lebih mudah. Struktur pemrogramannya memang bahasa C, bagi anda yang sudah menguasai bahasa C/C++ maka akan menjadi lebih gampang memprogram Arduino. 

Bagi yang belum pernah apalagi menguasai jangan khawatir, karena nanti akan kita buktikan bahwa ternyata memang sangat mudah. Mekanisme permogramannya sama dengan memprogram mikrokontroler, mulai dari menulis program kemudian mengeksekusi (compile) selanjutnya proses upload yaitu mengisikan program kedalam memori program Arduino.

STRUKTUR DASAR 
Sebuah program Arduino R3 minimal terdiri dari 2 bagian :

1. Inisialisasi
Inisialisasi merupakan proses mengatur hardware seperti port I/O, PWM, serial dan peripheral lain. Struktur ini ditulis diawal program. Sebagai contoh port I/O mempunyai beberapa fungsi : digital input, digital output, serial komunikasi dan PWM. Sebuah port hanya dapat berfungsi untuk 1 tujuan, jadi jika kita hendak menggunakan port tersebut sebagai digital output maka harus diinisialisasi terlebih dahulu sebagai port output. Inisialisasi menggunakan struktur setup(). 

Contoh :

void setup()

{

Serial.begin(9600);

pinMode(buttonPin, INPUT);

}

2. Program Utama
Setelah melakukan inisialisasi selanjutnya program yang dikerjakan adalah program utama, tergantung dari aplikasi yang dibuat, isi dari program utama berbeda antara satu program dengan program yang lain. Struktur yang digunakan adalah loop(). 

Sebagai contoh :

void loop()

{

}

Harap diperhatikan bahwa bahasa pemrograman Arduino (sebagaimana bahasa C) termasuk case sensitive, artinya huruf besar dengan huruf kecil akan dianggap berbeda.
    
        A. Komentar
Komentar digunakan untuk memberi keterangan pada program yang dibuat, sifatnya tidak wajib dan tidak akan berpengaruh pada jalannya program karena tidak ikut dieksekusi. Komentar dapat dibuat untuk 1 baris maupun lebih dari 1 baris, berikut ini caranya :

//komentar untuk 1 baris diawali dengan 2 garis miring.
/*komentar untuk lebih dari 1 baris diawali dengan tanda garis miring + asterisk atau bintang (/*)

Serta diakhiri dengan tanda asterisk + garis miring */

        B. Ekspresi Bilangan
Dalam pemrograman Arduino, bilangan dapat diekspresikan dalam beberapa format.
  • Desimal
Ditulis biasa tanpa tambahan apapun. Contoh : 234.
  • Oktal
Ditulis dengan angka „0‟ (nol) didepan. Contoh : 0631.
  • Biner
Penulisan diawali dengan huruf  „B‟. Contoh : B11100011.
  • Hexadecimal
Diawali dengan „0x‟ . Contoh : 0x8C.
    
        C. Kontrol Program
Sebuah program yang kita buat membutuhkan suatu kontrol, misalnya pengujian kondisi, melompat pada perintah yang lain dan sebagainya.

        D. Pengujian Kondisi
If 
Digunakan untuk menguji kondisi, jika kondisi tersebut benar maka perintah didalam If akan dikerjakan.

if (kondisi)

 

{

 

Pernyataan/perintah;

 

}

 

Contoh :

 

if(x>7)

 

{

 

x=x+1;

 

}

If-else
Hampir sama dengan if, hanya saja ada 2 pilihan pernyataan/perintah. Jika kondisi benar maka perintah didalam blok if yang dikerjakan, jika kondisi salah maka pernyataan di dalam else yang dikerjakan.

if (kondisi)

{

 

Pernyataan/perintah 1:

 

}

 

else

 

{

 

Pernyataan/perintah 2;

 

}

 

Contoh :

 

if (x>7)

 

{

 

x=x+1;

 

}

 

else

 

{

 

x=x+2;

 

}


If-else if
Untuk pengujian dengan banyak kondisi maka digunakan if – else if.

if (kondisi 1)

 

{

 

Pernyataan/perintah 1;

 

}

 

else if (kondisi 2)

 

{

 

Pernyataan/perintah 2;

}

 

else if (kondisi ke-n)

 

{

 

Pernyataan/perintah ke-n;

 

}

 

Contoh :

 

if(tombol=='1'){ Serial.println("Angka 1");

}

 

else if(tombol =='2'){

 

Serial.println("Angka 2");

 

}

 

else if(tombol =='3'){

 

Serial.println("Angka 3");

 

}

Selanjutnya bisa mengakses link dibawah ini, selamat belajar! :)


Komentar

Postingan Populer