Langsung ke konten utama

Unggulan

TUTORIAL PEMOGRAMAN ARDUINO UNO R3

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.  Saat ini Arduino sangat populer di seluruh dunia. Banyak pemula yang belajar mengenal robotika dan elektronika lewat Arduino karena mudah dipelajari. Tapi tidak hanya pemula, para hobbyist atau profesional pun ikut senang mengembangkan aplikasi elektronik menggunakan Arduino. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan assembler yang relatif sulit, tetapi bahasa C yang disederhanakan dengan bantuan pustaka-pustaka (libraries) Arduino.    Arduino Uno R3 adalah papan/board pengembangan mikrokontroler yang berbasis chip ATmega328P. Disebut sebagai papan pengembangan karena board ini memang berfungsi sebagai arena prototyping sirkuit mikrokontroller. Dengan menggunakan papan pengembangan, anda akan lebih mudah merangkai rangk

HAZOP - FIRE PROTECTION dalam K3

Hazard and Operability Study (HAZOP) adalah teknik standar yang digunakan dalam penyusunan pembentukan keamanan di sistem baru atau modifikasi terhadap potensi bahaya atau masalah. Mengoperasikannya  dengan mengidentifikasi dan mengevaluasi bahaya dalam proses yang direncanakan atau yang sudah ada dan dioperasikan dengan cara yang paling efektif, ekonomis dan tepat waktu ketika semua pertimbangan dan kendala yang relevan diperhitungkan.
 


Tujuan HAZOP :
  • Mengidentifikasi risiko yang terkait dengan operasi dan pemeliharaan sistem.
  • Mengidentifikasi masalah potensial operabilitas dan penyebab gangguan operasional serta kemungkinan penyimpangan pada produk yang mengarah pada ketidaksesuaian produk
Bagaimana langkah-langkah yang harus diterapkan dan aspek apa saja yang perlu diperhatikan ?
Langkah-langkah yang harus diterapkan :
  • Bagi sistem menjadi beberapa bagian
  • Pilih bagian dan tentukan maksud desain
  • Identifikasi deviasi dengan menggunakan kata panduan dari setiap elemen
  • Identifikasi dampak dan penyebab
  • Identifikasi masalah yang signifikan 
  • Identifikasi perlindungan, deteksi, dan mekanisme penunjukan 
  • Identifikasi kemungkinan pengukuran pengulangan /(opsional)
  • Tindakan persetujuan
  • Ulangi dari setiap elemen dan kemudian dari setiap bagian sistem
Aspek yang perlu diperhatikan :
  • Pemeriksaan merupakan proses yang kreatif. Pemeriksaan hasil dilakukan secara sistematis dengan menggunakan serangkaian kata-kata panduan (guideword) untuk mengidentifikasi potensi penyimpangan dari maksud desain dan memperkerjakan penyimpangan ini sebagai "triggering devices" untuk merangsang anggota tim untuk membayangkan bagaimana penyimpangan yang mungkin terjadi dan apa yang mungkin menjadi konsekuensi dari setiap proses yang ada.
  • Pemeriksaan dilakukan di bawah bimbingan seorang pemimpin studi terlatih dan berpengalaman, yang memiliki untuk memastikan cakupan yang luas dari sistem yang diteliti, menggunakan logika berpikir, analitis.
  • Pemimpin studi sebaiknya dibantu oleh recorder/Scriber yang mencatat bahaya diidentifikasi dan/atau gangguan operasional untuk evaluasi lebih lanjut dan resolusiPemeriksaan mengandalkan spesialis dari berbagai disiplin ilmu dengan keterampilan yang tepat dan pengalaman yang menampilkan intuisi dan penilaian yang baik.
  • Pemeriksaan harus dilakukan dalam iklim berpikir positif dan diskusi terbuka. Ketika masalah diidentifikasi, tercatat untuk penilaian berikutnya dan resolusi.
  • Solusi untuk masalah diidentifikasi bukan tujuan utama dari pemeriksaan HAZOP, tetapi untuk dipertimbangkan oleh mereka yang bertanggung jawab untuk desain
Apa pentingnya Fire Protection dalam server komputer ?
Kegunaan server komputer yakni sebagai penyimpan data base perusahaan, sebagai pengatur sistem jaringan dan operasional sistem yang membantu menjaga sistem tetap menyala saat terjadi pemutusan aliran listrik pada suatu perusahaan.

Melihat perannya yang kompleks, maka server komputer menjadi salah satu yang paling penting diperhatikan tingkat keselamatannya. Apalagi diselamatkan dari bahaya kebakaran yang mungkin diakibatkan oleh konsleting listrik. Bagaimanapun suatu server komputer akan banyak berhubungan dengan kabel dan arus listrik yang dapat memicu terjadinya konsleting listrik. Hal ini mengingatkan bahwa suatu perusahaan penting memilikinya sistem proteksi kebakaran pada server komputer yang memiliki standarisasi keamanan tinggi.

Setiap karyawan dan penghuni gedung perusahaan tentu tidak menginginkan adanya suatu kebakaran. namun jika peralatan proteksi kebakaran kurang dipenuhi maka tingkat keamananpun menjadi kurang terpercaya, penghuni gedung pun menjadi kurang produktif dalam pekerjaannya akibat rasa was-was yang ditimbulkan dan perusahaan bisa mengalami kerugian yang besar apabila kecelakaan kebakaran sampai terjadi.

Disamping peralatan kebakaran harus terpenuhi, pada sebuah ruangan server komputer harus diperhatikan pula kondisi suhunya, misalnya saja dengan melengkapi dengan AC (Air Condition). Sebab kurang baiknya suhu dan kelembapan udara juga dapat memicu timbulnya kebakaran pada suatu ruang server komputer. Sebaiknya jaga pula ruangan dari akses orang-orang yang tidak berkepentingan untuk menghidari kesalahan sistem server.

Rancangan Fire Protection dalam server komputer !

Pemilihan sistem proteksi kebakaran terbaik untuk ruang server seperti Fire Alarm hingga alat pemadam api hendaknya disesuaikan dengan jenis lokasi atau ruangan yang akan dipasang sistem tersebut. Mengingat ruang server memiliki banyak perangkat komputer atau alat-alat elektronik serta dokumen-dokumen penting, hendaknya perusahaan mempertimbangkan alat proteksi kebakaran yang aman dan tidak merusak data perusahaan yang tersimpan di dalam ruang server tersebut.

Komentar

Postingan Populer